+
Login Register Dev. Reg.

9 Gaya Berenang Dengan Baik dan Mudah

Ada berbagai macam gaya renang yang dapat dilakukan atau dipelajari. Setiap gaya renang memiliki tingkat kekuatan dan kesulitan yang berbeda-beda. Berikut adalah macam-macam gaya, cara, dan manfaat renang sebagai cabang olahraga akuatik:

Sesuai namanya, gaya punggung adalah gaya renang yang menggunakan punggung. Gaya punggung dilakukan dengan cara meletakkan punggung di atas air atau terlentang, sedangkan wajah dan bagian dada menghadap ke langit. Kedua https://quercusapartments.com/ tangan dalam gaya punggung diputar ke belakang secara bergantian dan kedua kaki mengepak atau naik turun secara bergantian juga.

Gaya bebas adalah gaya renang dengan posisi dada menghadap permukaan air. Pergerakan tangan dan kaki pada gaya ini mirip dengan gaya punggung, tetapi berlawanan arah. Jika gaya punggung dilakukan dengan cara terlentang dan tangan diayunkan ke belakang secara bergantian, gaya bebas dilakukan dengan posisi dada menapak pada permukaan air dan tangan diayunkan ke depan secara bergantian. Dalam gaya bebas, kedua kaki bergerak naik turun secara bergantian bagaikan sebuah gunting.

Gaya renang satu ini merupakan gaya yang paling mudah untuk dicoba oleh pemula. Gaya katak atau dada adalah gaya renang yang memposisikan wajah atau kepala dan dada di atas permukaan air dalam jangka waktu yang lama. Sesuai namanya, gaya katak menyerupai seorang katak yang sedang berenang.

Untuk melakukan gaya katak, perenang perlu mengayuh kedua kaki secara bersamaan, layaknya katak yang berenang. Ketika kaki diayunkan, tangan cukup berdiam dan lurus di depan. Sebaliknya, ketika tangan mengayuh bersamaan dan kepala mendongak ke atas untuk mengambil napas, kaki tidak perlu bergerak.

Gaya samping adalah gaya yang mengandalkan bagian samping tubuh. Berbeda dari gaya lainnya yang cenderung kompetitif, penggunaan gaya samping dilakukan untuk keadaan darurat dan lebih mengutamakan efisiensi serta penghematan energi ketika berada di area renang yang panjang.

Sesuai namanya, tubuh diposisikan secara miring ketika menggunakan gaya samping. Gaya ini hanya menggunakan satu sisi tubuh pada satu waktu, sedangkan sisi lainnya dapat beristirahat. Posisi lengan mengikuti sisi tubuh yang digunakan. Kaki diayunkan bagai gunting berulang-ulang dan tangan diletakkan lurus di depan. Bila lelah menggunakan satu sisi, perenang dapat menukar posisinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+