+
Login Register Dev. Reg.

Budiman Sudjatmiko Bilang Guyonan tentang Salat Bukan Kata-Kata Zulhas

Anggota Dewan Pakar Tim slot depo 10k Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, buka suara ihwal guyonan ketua umumnya Zulkifli Hasan atau Zulhas yang viral di media sosial. Dalam video itu, Zulhas mengatakan ketika salat, sejumlah orang tak lagi mengucapkan “aamiin” dan mulai menjulurkan dua jari dalam gerakan tahiyat.

Budiman mengatakan, Zulhas tidak sedang bercanda, tetapi sedang bercerita tentang orang yang sedang bercanda. “Dia sedang menceritakan, bukan sedang mencandai. Saya kira itu sudah jelas,” ucapnya saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Desember 2023.

Cerita bernada guyonan itu, menurut Budiman, bukan merupakan kata-kata Zulhas. Dia mengatakan Menteri Perdagangan itu justru sedang menceritakan orang lain yang seperti itu. “Jadi tidak ada masalah,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, Zulhas bukan orang pertama yang menyampaikan cerita itu. “Gejala unik ini juga pernah diceritakan oleh dua ulama kondang seperti Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad sebelumnya,” ucapnya saat dihubungi, Rabu, 20 Desember 2023.

Perihal anggapan yang menganggap cerita itu merupakan penistaan, Eddy membantah. Dia mengatakan cerita itu merupakan peristiwa yang Zulhas temui di masyarakat. “Jadi bukan sesuatu yang mengada-ada apalagi melecehkan,” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR itu.

Eddy menduga, ucapan Zulhas telah dibingkai secara negatif. Dia meminta publik menjaga suhu politik yang semakin dinamis agar tidak dikotori oleh hasutan dan berita bohong. Hal-hal itu, menurutnya, disebarkan oleh pihak-pihak yang bermaksud mengganggu pesta demokrasi.

Dalam video berdurasi 46 detik yang slot deposit 10 ribu beredar di dunia maya, Zulhas bercerita ada orang-orang tertentu yang enggan mengucapkan “aamiin” saat imam salat selesai membaca surah Al-Fatihah. Dia mengatakan hal itu sebagai bentuk cinta kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+