+
Login Register Dev. Reg.

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia Dan Lingkungan Adalah Mengatur Siklus Air Dan Udara

Dengan begitu, pejalan kaki akan merasa teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari. Keberadaan tumbuhan dan ruang hijau di berbagai kawasan terbukti ampuh mengurangi tingkat polusi udara. Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah mengurangi polusi udara. Contohnya pohon besar di pinggir jalan berfungsi untuk mengendalikan suhu sekitarnya. Tumbuhan bisa mengendalikan suhu di sebuah wilayah.

Tumbuhan merupakan sumber makanan bagi manusia. Lewat fotosintesis, tumbuhan akan menghasilkan oksigen dan gula sebagai cadangan makanan. Tumbuhan bisa menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Mulai dari batang hingga buahnya bisa dikonsumsi manusia.

Air hujan membawa polutan berupa fosfor dan nitrogen. Tanaman bisa menyerap air, kemudian mengolahnya menjadi uap air lewat transpirasi. Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan adalah mengatur siklus air dan udara. Dari proses tersebut, kelembapan udara akan terjaga. Jika tidak ada tumbuhan, polutan tersebut akan langsung masuk ke laut atau sumber air lainnya. Namun, kehadiran tumbuhan di permukaan tanah akan membuat air terserap terlebih dahulu oleh tanaman, dan disaring sebelum akhirnya masuk ke tanah.

Beberapa tumbuhan menyediakan bahan bangunan, seperti kayu yang digunakan untuk konstruksi. Tanaman obat seperti tanaman herbal telah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun untuk pengobatan. Banyak obat-obatan berasal dari tanaman.

Tumbuhan berperan dalam siklus air melalui transpirasi, yaitu pelepasan uap air dari daun ke atmosfer. Sisa-sisa tumbuhan yang membusuk memberikan nutrisi kepada tanah, meningkatkan kesuburan.

Menghargai dan melestarikan tumbuhan sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan hidup manusia di bumi. Tumbuhan laut, seperti ganggang, berperan penting dalam menyediakan oksigen dan menjadi dasar rantai makanan di ekosistem laut. Beberapa tumbuhan dapat membersihkan udara dari polutan dan zat kimia berbahaya.

Tumbuhan membantu mengurangi pemanasan global dengan menyerap karbon dioksida, yang merupakan gas rumah kaca. Tumbuhan berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan menjadi bagian penting dari rantai makanan dan memberikan tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan.

Tumbuhan menyediakan habitat bagi berbagai jenis makhluk hidup, termasuk manusia. Tumbuhan sering digunakan dalam kegiatan edukasi dan dapat memberikan nilai estetika pada lingkungan, seperti taman dan kebun bunga.

Sehingga udara jadi jauh lebih segar dan iklim tetap terjaga. Karbon dioksida bisa menyebabkan perubahan iklim yang drastis. Lewat fotosintesis, tumbuhan bisa membantu menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Tumbuhan mampu menyerap karbon dioksida yang merupakan dampak dari gas rumah kaca.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+