+
Login Register Dev. Reg.

Mengenal Bapak Farmasi Dunia

Di dunia farmasi, ada beberapa tokoh yang dianggap sebagai “Bapak Farmasi Dunia” karena kontribusi mereka yang luar biasa dalam perkembangan dan kemajuan ilmu farmasi. Mereka adalah pionir dalam penelitian, penemuan, dan pengembangan obat-obatan yang telah membantu menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

1. Friedrich Sertürner

Friedrich Sertürner adalah seorang apoteker Jerman yang dikenal sebagai Bapak Farmasi Modern. Pada tahun 1804, dia berhasil mengisolasi senyawa morfin dari opium. Penemuan ini menjadi tonggak penting dalam pengembangan obat-obatan analgesik dan penemuan alkaloid. Morfin merupakan senyawa yang memiliki efek analgesik yang kuat, dan penemuan ini membuka jalan bagi penemuan obat-obat lain yang berbasis morfin.

2. Paul Ehrlich

Paul Ehrlich adalah seorang ilmuwan Jerman yang dijuluki sebagai Bapak Farmakologi Modern. Dia adalah salah satu pendiri bidang farmakologi modern dan dikenal karena penemuannya dalam bidang kimia obat. Pada tahun 1909, Ehrlich menerima Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran atas penemuan terobosannya dalam pengembangan obat-obatan seperti Salvarsan, yang merupakan obat pertama yang efektif dalam pengobatan sifilis.

3. Alexander Fleming

Alexander Fleming adalah seorang ilmuwan dan ahli mikrobiologi Skotlandia yang diakui sebagai Bapak Antibiotik Modern. Pada tahun 1928, Fleming secara tidak sengaja menemukan sifat antibiotik dari jamur Penicillium yang menghasilkan senyawa penicillin. Penemuan ini membuka jalan bagi pengembangan antibiotik modern yang telah menyelamatkan jutaan nyawa sejak saat itu.

4. Gertrude Elion

Gertrude Elion adalah seorang ilmuwan Amerika Serikat yang dijuluki sebagai Bapak Farmasi Modern Wanita. Dia adalah salah satu ilmuwan paling berpengaruh dalam bidang penelitian obat-obatan pada abad ke-20. Elion berkontribusi dalam pengembangan obat-obatan seperti azathioprine, yang digunakan dalam transplantasi organ, dan acyclovir, yang digunakan dalam pengobatan herpes.

5. Tu Youyou

Tu Youyou adalah seorang ilmuwan Tiongkok yang diakui sebagai Bapak Farmasi Tiongkok Modern. Pada tahun 1972, Tu Youyou menemukan senyawa artemisinin, yang efektif dalam pengobatan malaria. Penemuan ini telah menyelamatkan jutaan nyawa dan Tu Youyou dianugerahi Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 2015.

Para tokoh di atas adalah beberapa Bapak Farmasi Dunia dari banyak ilmuwan dan peneliti yang telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan ilmu farmasi. Melalui penelitian dan penemuan mereka, kita telah mendapatkan obat-obatan yang efektif dalam mengobati berbagai penyakit dan meningkatkan kualitas hidup manusia secara keseluruhan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+