+
Login Register Dev. Reg.

Tips Mengolah dan Memasak Daging Ayam yang Benar

Selain cita rasanya yang lezat, daging ayam contact us – rikopollocarepa memiliki kandungan gizi beragam. Untuk itu, cara mengolah dan memasaknya harus benar, agar nutrisi yang terkandung tetap terjaga dengan baik.

Olahan daging ayam dapat dijadikan berbagai macam masakan lezat dan sehat. Dengan pengolahan yang benar akan mengoptimalkan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Banyaknya kandungan gizi pada olahan daging ayam membuatnya menjadi pilihan bahan masakan favorit, terutama bagi mereka yang rajin berolahraga dan sedang dalam masa diet.

Langkah pertama untuk membuat masakan sehat dan lezat berbahan dasar daging ayam yakni dari cara pengolahannya baik dan benar.

Bahan dapur yang baik serta cara memasak yang benar juga diperlukan untuk dapat menghasilkan masakan daging ayam lebih lezat dan juga menyehatkan.

Berikut tips mengolah daging ayam yang benar agar dapat menghasilkan makanan sehat dan lezat.

Pilih daging yang masih segar

Memilih daging ayam yang masih segar caranya adalah melihat kondisi fisiknya, daging yang masih segar tidak berwarna biru atau kehitaman.

Tekstur daging yang segar terasa empuk dan tidak keras, hal ini dapat diperiksa dengan menekan daging ayam sebelum memutuskan untuk membelinya.

Selain itu, daging ayam yang masih segar tidak mengeluarkan bau tidak sedap.

Cuci sebelum diolah 

Cuci daging ayam sampai bersih sebelum diolah, hal ini dapat dilakukan dengan merendam daging ayam terlebih dahulu untuk beberapa saat.

Buang bagian yang tidak baik

Ketika mencuci dan membersihkan daging ayam, disarankan membuang bagian yang tidak baik, seperti kulit dan jeroan yang mengandung banyak lemak karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Setelah melewati proses pengolahan yang tepat, berikut tips memasak daging ayam yang benar agar kandungan gizi tidak rusak.

Direbus

Merebus merupakan cara paling mudah untuk memasak olahan daging ayam agar terbebas dari minyak, berikut tata caranya:

Dipanggang

Digoreng

Manfaat Daging Ayam untuk Tubuh

Daging ayam adalah makanan hewani yang mudah A da temui saat ini. Menariknya, daging ayam punya segudang manfaat lo untuk tubuh.

Anda tentu sudah tidak asing dengan daging ayam. Jenis daging ini bisa jadi tiap hari Anda makan.

Tempat makan dengan olahan ayam pun tersebar banyak di sekitar Anda, mulai dari pedagang kaki lima yang menjajakan ayam geprek hingga restoran bintang 5 yang menyediakan bresse chicken.

Di balik kelezatannya dan harga dagingnya yang terjangkau, rupanya ada banyak manfaat daging ayam untuk tubuh manusia. Namun, ada sejumlah tips yang harus Anda lakukan juga guna bisa mendapat manfaat ini secara maksimal.

Berikut ini daftar manfaat daging ayam untuk tubuh dan tips memperoleh manfaat tersebut.

Sumber protein

Daging ayam mengandung protein tinggi. Protein pada daging ayam ini punya manfaat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh manusia.

Kandungan protein dalam daging ayam mencapai 24–29 gram per 100 gramnya.

Nah, bagi Anda yang mau memaksimalkan fungsi protein untuk membentuk tubuh, maka perlu menyeimbangkan asupan daging ayam dengan olahraga rutin.

Pastikan juga bagian ayam yang Anda konsumsi adalah bagian yang sedikit lemak seperti dada, agar manfaat protein bisa didapat dengan maksimal.

Rendah kalori

Daging ayam juga rendah kalori dan rendah lemak dibandingkan dengan daging merah lainnya. Sehingga, daging ayam bermanfaat dalam membantu dalam menjaga berat badan.

Sebagai perbandingan, bagian paha ayam tanpa kulit hanya mengandung 180 kalori, sementara bagian dada tanpa kulit hanya mengandung 165 kalori. Sedang daging sirloin sapi mengandung 250 kalori dan daging bacon babi mengandung 400 kalori.

Agar kalori ayam yang Anda konsumsi tetap rendah, pastikan untuk mengolah ayam dengan cara yang tidak meningkatkan kalorinya.

Jika Anda menggoreng ayam, tentu kalori akan melambung tinggi. Sebaliknya, jika Anda merebusnya, maka kalori bisa ditekan tetap rendah.

Sumber vitamin dan mineral

Daging ayam mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B3 (niacin) dan vitamin B6 serta mineral penting seperti zat besi dan selenium yang dibutuhkan tubuh manusia.

Vitamin B kompleks pada daging ayam bermanfaat dapat membantu mengolah makanan menjadi energi yang dibutuhkan manusia. Vitamin B6 pada daging ayam juga dapat menjaga kesehatan sistem saraf.

Agar vitamin dan mineral yang kita dapat dari mengonsumsi daging ayam maksimal, pastikan ayam tidak dimasak terlalu matang dengan api besar.

Proses memasak yang berlebihan bisa menghilangkan kandungan gizi ayam. Pastikan memasak ayam dengan api sedang hingga matang pas (tidak terlalu kering).

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daging ayam juga mengandung zat besi yang memiliki manfaat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan infeksi.

Namun, manfaat ini tidak akan Anda dapat jika ayam yang Anda makan tidak segar, tidak sehat, atau kotor. Alih-alih meningkatkan kekebalan tubuh, Anda justru terserang penyakit karena daging ayam.

Agar manfaat daging ayam satu ini didapat, pastikan Anda membeli daging ayam dari penjual terpercaya.

Untuk wilayah Serpong, ada penjual daging ayam segar berkualitas yang juga terkenal sebagai tempat jual ayam murah, yakni Serpong Fresh. Cara membelinya kini pun mudah dengan tersedianya aplikasi titip belanja.

Meningkatkan kesehatan tulang

Daging ayam juga kaya akan kalsium dan fosfor yang memiliki manfaat membantu dalam memperkuat tulang dan gigi manusia.

Sama seperti kandungan vitamin, kandungan kalsium dan fosfor juga tidak akan Anda dapat jika daging ayam dimasak berlebihan. Jadi, pastikan ayam yang Anda masak matangnya pas dan dimasak dengan api yang tidak terlalu besar.

Demikian informasi seputar manfaat daging ayam dan tips agar manfaat itu bisa Anda dapat. Mulai dari sekarang, mari pilih daging ayam yang segar, dan mengolah ayam dengan tepat, agar manfaat daging ayam bisa Anda peroleh dengan maksimal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+